Cara Mengatasi Anak Yang Sering Ngompol


Pada umumnya ,anak mulai berhenti ngompol diusia 2,5 tahun.Awalnya berhenti ngompol siang hari,berangsur berhenti dimalam hari.Anak laki-laki lebih lama berhenti ngompol daripada anak perempuan.Dan kebanyakan anak ngompol dimalam hari (enuresis noktural),Dalam penelitian,anak-anak yang ngompol lima kali seminggu tampak memiliki kecerdasan yang rendah dalam tes kecerdasan,rentang perhatian dan memori pandek.Anak yang memiliki masalah ngompol kronis juga memiliki daya ingat dan memori jangka panjang lebih buruk,serta kecepatan belajar dan reaksi yang lebih lambat.

PENYEBAB ANAK NGOMPOL:
1.KETURUNAN ==> Kalau salah satu orang tua ngompol dimasa kecilnya,44% anak berisiko ngompol.Bila kedua orang tua ngompol,risiko meningkat 77%.kalau kedua orang tuanya tidak punya riwayat ngompol,risikonya hanya 15%.
2.HORMON VASOPRESIN ==> Pruduksi Hormon Vasopresin atau antidiuretic hormone(ADH) pada anak-anak dibawah 10 tahun secara normal tidak sebanyak mereka yang diatas 10 tahun. Karena itu balita sudah sewajarnya ngompol.Ginjal tidak mendapat sinyal untuk memproduksi urine dalam jumlah sedikit.Ketika urine banyak diproduksi dan sikecil tidak terbangun,dia akan ngompol.

3.TIDUR LELAP ==> Anak yang tidurnya amat lelap lebih mungkin ngompol daripada yang mudah terjaga.Terlebih lagi pada anak laki-laki.
4.GANNGGUAN ANATOMI ==> Terjadinya gangguan anatomi hanyalah 1% menyebabkan ngompol.Memang kenyataannya kapasitas kandung kemih pada anak pengompol lebih kecil darpada anak-anak normal
5. PERKEMBANGAN SISTEM SARAF TERLAMBAT ==> Mengontrol buang air kecil adalah salah satu perkembangan sisitem saraf.Pada anak yang sering ngompol ada gangguan perkembangan sisitem saraf tertentu sehingga anak tertidur lelap,Ada ketidak mampuan otak untuk menangkap sinyal yang dikirim kandung kencing yg sudah penuh.

AGAR ANAK BERHENTI NGOMPOL:
1.MERANGSANG DENGAN HADIAH ==> Memberitahu terus menerus dan memarahi bukan pemecahan yang baik.Anak justru bisa stres dan malah akan ngompol.Cobalah rangsang dengan hadiah.jika 2 hari tidak ngompol ,beri suatu hadiah,jika 3 hari tidak ngompol berturut-turut berikan hadiah yang lebih menarik dan seterusnya sampai anak tidak ngompol lagi.
2.MINUM DAN BUANG AIR KECIL TERATUR ==> anak usia sekolah sering menunda makan-minum hingga sekolah usai.Akibatnya,anak tidak buang tidak buang air kecil dari pagi hingga siang,risiko ngompol meningkat pada malam hari.cobalah dengan pola makan-minum teratur dan buang air kcil berkala disiang hari.
3.MEMBANGUNKAN DIMALAM HARI ==> Menjelang waktu ngompol,coba angkat anak ketoilet,ajak buang air kecil.Awalnya mungkin sulit dan anak tidak sepenuhnya terjaga.tapi lambat laun anak akan lebih mudah terjaga dan ini bisa mengurangi frekuensi mengompol.
4.MEMBERSIHKAN TEMPAT TIDUR SENDIRI ==> Membersihkan tempat tidur sendiri bisa membantu anak menghentikan kebiasaan ngompol.Latihan ini juga termasuk memakai alarm untuk bangun pagi,latihan bangun malam dan memasang alarm lagi.meski repot,jika disertai motivasi dan sikap sayang,keberhasilan bisa 80%.
5.HIPNOTERAPI ==> anak disugesti untuk bangun bila ingin buang air kecil,tempat tidurnya akan kering dipagi hari,dan kandung kemihnya akan mampu menahan kencing,tingkat keberhasilannya 60-70%.
6.AKUPUNTUR ==> beberapa penelitian menyarankan akupuntur dengan keberhasilan sampai 73% dengan 10-40 sesi.

0 komentar:

Poskan Komentar