Babak 16 Besar Pila U-17

Setelah menuntaskan laga tunda Grup F Australia versus Denmark yang berakhir sama kuat 1-1, Piala Dunia U-17 memasuki babak 16 besar yang mulai digelar Rabu (29/6) waktu Meksiko.

Pertandingan pertama babak gugur akan mempertemukan dua wakil Asia, Uzbekistan dan Australia, di Torreon. Secara mengejutkan Uzbekistan berhasil melangkah ke babak 16 besar meski baru memulai debut di turnamen ini. Keuntungan ada di tangan Uzbekistan karena memiliki waktu istirahat yang lebih panjang jika dibandingkan Australia.

Pada saat yang sama di Guadalajara, pertemuan sesama wakil konfederasi juga terjadi antara Brasil dan Ekuador. Brasil merupakan tim favorit dalam kejuaraan ini dengan diperkuat sejumlah pemain seperti trio striker Lucas Piazon, Adryan, dan Ademilson. Belum lagi mengingat rekor kekalahan telak Ekuador 6-1 pada laga perdana mereka menghadapi Jerman.

Pemenang laga Uzbekistan versus Australia akan berhadapan dengan pemenang laga Kongo versus Uruguay. Kongo merupakan salah satu tim kejutan di ajang ini setelah memupus harapan Belanda di Grup A, sementara Uruguay tampil mendampingi Inggris di Grup C.

Sedangkan pemenang laga Brasil versus Ekuador akan menunggu pemenang laga Jepang versus Selandia Baru. Harapan Asia boleh dibilang ada di pundak Jepang karena secara gemilang Samurai Muda berhasil mengempaskan Argentina 3-1 pada laga terakhir Grup B. Sementara, meski berhasil memetik kemenangan telak 4-1 atas Uzbekistan di laga perdana, Selandia Baru gagal mendulang gol pada dua laga terakhirnya di Grup D.

Pertandingan babak 16 besar lain mempertemukan dua negara besar, yaitu Inggris versus Argentina. Inggris tampil terdepan di Grup C, sementara langkah Argentina terseok-seok dan boleh dibilang mereka beruntung lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik karena menelan dua kekalahan di Grup B.

Pemenang laga tersebut akan menghadapi Jerman atau Amerika Serikat. Selain Brasil, Jerman merupakan favorit turnamen. Mengandalkan pemain-pemain berdarah Turki, Jerman mengukir rekor sempurna di Grup E. Sementara, Amerika Serikat hanya sekali memetik kemenangan di Grup D.

Terakhir, tapi bukan berarti tidak penting, adalah laga tuan rumah Meksiko melawan Panama. Meksiko juga mencetak rekor sempurna di Grup A dan berbekal dukungan dari penonton yang selalu memadati setiap laga yang mereka mainkan, El Tricolor diharapkan melaju jauh di turnamen ini.

Jika lolos ke delapan besar, Meksiko akan menghadapi pemenang laga Prancis versus Pantai Gading. Tim yang disebut terakhir menjulang berkat penampilan cemerlang Souleymane Coulibaly yang memborong seluruh gol di babak grup. Ya, seluruh gol! Pantai Gading melesakkan delapan gol di Grup F dan semuanya berasal dari satu pemain saja. Pantas saja jika klub setaraf Real Madrid memantau baik-baik penampilan Coulibaly. Namun, jika ingin sinarnya terus mengilap, terlebih dahulu pemain muda asal klub Siena itu harus mampu mengalahkan wakil Eropa yang memiliki pembinaan pemain muda lebih ajeg, Prancis.


Berikut jadwal babak 16 besar Piala Dunia U-17:

29 Juni – 1 – Uzbekistan vs Australia
29 Juni – 2 – Brasil vs Ekuador
29 Juni – 3 – Kongo vs Uruguay
29 Juni – 4 – Jepang vs Selandia Baru
30 Juni – 5 – Jerman vs Amerika Serikat
30 Juni – 6 – Inggris vs Argentina
30 Juni – 7 – Prancis vs Pantai Gading
30 Juni – 8 – Meksiko vs Panama

Jadwal babak perempat-final:

3 Juli – A – Pemenang 3 vs Pemenang 1
3 Juli – B – Pemenang 4 vs Pemenang 2
4 Juli – C – Pemenang 5 vs Pemenang 6
4 Juli – D – Pemenang 7 vs Pemenang 8

Jadwal babak semi-final:

7 Juli – Pemenang A vs Pemenang B
7 Juli – Pemenang C vs Pemenang D

0 komentar:

Poskan Komentar